Progress Report sebagai ajang Konsultasi Orangtua

21.20 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments




Sabtu, 6/10 Progrest report sedang berlangsung di ruang aula KB, TK A & TK B sejak jumat sampai sabtu ini, sekolah terlihat ramai didatangi oleh para orangtua siswa. progrest report merupakan evaluasi tri wulan pertama, tak terasa para siswa sudah menjalani pembelajaran selama tiga bulan dan saatnya untuk mengadakan evaluasi kegiatan pembelajaran selama tiga bulan terkahir tersebut. tujuan dari progres report selain untuk melakukan evaluasi juga  sebagai bahan untuk merumuskan kembali strategi untuk kembali meraih keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran dengan baik juga sebagai sarana konsultasi.
Sekolah membuka sesi Konsultasi secara klasikal sesuai kelasnya. Biasanya isi Konsultasi oleh orang tua dengan guru terkait perkembangan belajar anak-anak mereka disekolah, bagaimana perkembangan sosial dan akademik mereka selama belajar.  Juga sebagai sarana komunikasi yang tepat bagi guru untuk menggali informasi lebih kepada orangtua yang belum diketahui sebelumnya terkait kebiasaan-kebiasaan anak-anak dirumah, bagaimana anak tersebut dibesarkan, tinggal di lingkungan yang bagaimana, pola asuh yang diterapkan oleh para orangtua kepada anak-anak yang bagaimana dan sebaginnya.Tentunya informasi ini sangat penting diketahui oleh para guru, agar mereka bisa mengerti kondisi anak didik mereka lebih banyak dan memperlakukan mereka sesuai dengan kebutuhan masing-masing, karna setiap anak adalah special.
Melalui konsultasi dalam progres report ini terjalin komunikasi yang erat untuk menyamakan persepsi antara pihak sekolah dengan pihak orangtua untuk bersama-sama mensukseskan keberhasilan belajar siswa disekolah. Orang tau juga diajak peran aktif mereka dalam hal ini, karna ini bukan hanya menjadi tugas sekolah saja tapi juga menjadi tugas utama orangtua. 

You Might Also Like

0 komentar: