Panen Raya Pepaya

20.14 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments






Susukan, Sumbang, Rabu 24/10 KB & TK Al Irsyad Al  Islamiyyah Purwokerto melakukan kegiatan Panen Raya dengan memanen buah pepaya yang berlokasi di desa Susukan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Sebanyak 265 siswa mengikuti kegiatan panen pepaya ini. Para siswa terlihat antusias memetik dan memilih buah pepaya yang matang di pohon.
Sebelumnya para siswa sudah dipandu oleh pemilik kebun pepaya bagaimana caranya memanen buah pepaya, memilih papaya-pepaya yang siap untuk dipanen. Di sekolah para siswa juga sudah belajar tentang manfaat & kandungan gizi buah pepaya yang banyak mengandung vtamin A yang baik untuk kesehatan anak-anak. panen pepaya sebagai bentuk pendekatan pembelajaran konstruktif mendekatkan anak-anak ke alam untuk mengeksplorasi, menjajal dan menemukan pengetahuan dari pengalaman-pengalaman pembelajaran yang mereka lakukan.

ada juga yang unik dari kegiatan panen pepaya ini, para siswa berangkat ke lokasi panen dengan menggunakan angkutan umum. tentunya bagi mereka ini hal baru dan menyenangkan bagia anak-anak yang belum pernah naik kendaraan umum karna tiap harinya diantar dengan kendaraan pribadi. "aku seneng naik angkot ustadzah.. seru yah.. kata salah satu siswa dengan gembira.

Menambah semaraknya kegiatan panen raya. Para guru-guru juga terbiasa mencipta lagu untuk tema kegiatan yang sedang berlangsung. Seperti sekarang para guru sudah mencipta 2 lagu dengan tema pepaya. Lagu bertema ceria dan motivasi ini dicipta khusus agar para siswa mencintai & mau memakan buah pepaya. selain mencipta lagu sekolah juga memfasilitasinya dalam bentuk aransemen musik. lagu tema pepaya tersebut diciptakan oleh Khusnul khotimah dengan judul “Panen Pepaya” dan satu lagu yang tidak kalah ceria dan menjadi favorit anak-anak dengan judul “Buah pepaya”

Panen Pepaya
karya ustdzah Khusnul Khotimah, S.pd

yo ayo yo ayo penen pepaya2x
pepaya pepaya enak rasanya
makan pepaya banyak vitamin a nya 2x


Buah Pepaya
karya Ema Nur Fadhilah, S.sos

pepaya oh pepaya (pepaya)
sungguh manis rasanya (rasanya)
pepaya oh pepaya (pepaya)
semua pasti suka (suka)

buah pepaya ada dimana-mana
ada dikota dan didesa
buah pepaya mengandung vitamin a
sangat baik untuk mata kita

alhamdulillah panen pepaya pada hari ini mencapai 600 kg. Pepaya yang dipanen dibawa pulang oleh anak-anak untuk disantap bersama orangtua dirumah.

Penting sekali kami mengajarkan anak-anak mencintai makanan sehat sayuran dan buah-buahan tentunya. Di jaman milenial ini lebih banyak anak-anak yang menyukai makanan junk food. Kualitas makanan juga mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan anak-anak. Dengan mengkondisikan anak-anak dengan beragam kegiatan alam yang menyenangkan akan memudahkan mereka lebih dekat dan membuat mereka lebih memilih makanan yang sehat khususnya buah-buahan. Tidak perlu yang mahal, yang lokal seperti pepeya ini juga sangat oke  jadi buah kesukaan dan kecintaan anak-anak sejak dini. Pesan Nur Sabiha, S.Pd. kepala sekolah melalui kegiatan panen pepaya.


You Might Also Like

0 komentar: