Siapkan Sekolah yang Ramah; Orientasi Kelompok Bermain KB Al Irsyad Purwokerto

17.41 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments



BAGI anak usia 2 hingga 4 tahun, berada di sekolah merupakan hal yang baru meskipun ada banyak mainan dan banyak pula anak-anak yang sama usianya. Sehingga sekolah dituntut untuk disajikan sebagai lingkungan yang benar-benar ramah anak. Hal semacam ini dapat dilihat dari kegiatan penyambutan siswa baru di Kelompok Bermain (KB) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.
“Menyambut siswa KB memang harus disajikan dengan spesial, penuh kelembutan sekaligus penuh keceriaan. Anak-anak yang masih sangat dekat dengan ibunya ini diajak dengan kelembutan agar mau bersosialisasi dengan guru dan teman-temannya,” terang ustazah Nur Sabiha.
Tampak para guru menyiapkan kostum khusus yang dipakai oleh guru dan siswa. Mereka sama-sama mengenakan atribut dengan tema binatang. Dengan harapan, para siswa memahami bahwa guru dan siswa lainnya sama-sama berteman dan saling menyayangi.
Ada juga balon-balon yang diterbangkan bersama, sambil mengatakan selamat tinggal rasa takut dan malu. Juga ada banyak permainan gerak dan lagu agar suasana berlangsung penuh kegembiraan. Suasana ini dipertahankan hingga dua pekan, dengan target siswa dapat berani bersekolah tanpa  ditemani orang tuanya.
“Para siswa tidak perlu takut atau sedih karna kesedihan dan takut  sudah pergi bersama balon-balon itu,” kata kepala sekolah saat melepas balon-balon ke udara.
Selama masa orientasi ini, para siswa juga dikenalkan dengan berbagai pembiasan baik di sekolah. Seperti toilet training dan adab makan-minum. Termasuk bagaimana mengisi waktu saat jam istirahat dan saat menunggu jemputan.[Umi Salamah]
sekolah_terbaik

You Might Also Like

0 komentar: