Festival Gema Ramadhan Akbar

21.54 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments







Memasuki bulan Ramadhan, KB dan TK Al Irsyad selalu memiliki cara yang berbeda saru tahun ketahun. Mengambil tema festival Ramadhan Akbar, sekolah telah mempersiapkan kegiatan besar sebagai bagian dari syiar semangat dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan seperti Gema Qurani, parade tarhib Ramadhan, lomba-lomba, tali asih dan bakti sosial.
Rangkaian kegiatan festival ramadhan akbar dimulai dengan kegiatan Gema Qurani. Acara dihadiri oleh ayah dan bunda. Kegiatan Gema Qurani ini dilaksanakan pada Sabtu 12/5. Para siswa membawakan surat-surat di juz 30 yang sudah mereka hafal didepan orangtua. Banyak ayah dan bunda yang merasa terharu dan bangga dengan kegiatan gema qurani ternyata putra - putri mereka memiliki hafalan yang banyak. Acara diikuti oleh 270 siswa beserta ayah dan bundanya ini berhasil menyedot perhatian para orang tua, mereka pun jadi termotivasi untuk tidak kalah semangar dalam menghafal seperti putra putri mereka. Mengambil tema “kan Ku persembahkan mahkota disurga untuk ayah bunda dengan hafalan al quranku” kepala sekolah mengatakan bahwa kita bekali anak-anak kita sejak dini untuk mencintai dan menghafal al quran sejak dini yang kelak nantinya mereka akan membanggakan bagi orangtuanya didunia dan diakhirat dengan hafalan al quran. Khususnya dibulan Ramadhan nanti kita perbanyak kegiatan murajaah, tadarus, hafalan dan qiraah dengan Al Quran bersama anak-anak kita.
bakti sosial dilaksakan pada Selasa, 15/5 Sebagai bentuk kepedulian bersama atas saudara- saudara muslim yang mengalami kekurangan. Komite Sekolah mengadakan tali asih dan bakti sosial. Lapas wanita dipih untuk tempat baksos. Selain baksos juga diadakan tausiyah sambut ramadhan sebagai bentuk kepedulian, syiar dan silaturahim juga para warga binaan perlu dimotivasi dan syiar untuk tidak kalah bahagianya menyambut bulan suci ramadhan meskipun kondisi mereka berbeda dengan kita pada umumnya karna ampunan Allah maha luas maka bersegeralah menuju ampunan Allah agar keluar dari lapas ini kita lahir sebagai manusia yang baru dan memulai kehidupan yang baru dengan lebih baik lagi ungkap ustadzah estifa dalam tausiyahnya kepada warga binaan.
Tali asih dilaksakan pada Rabu,  16/5 dikasanakan di Desa Pekuncen. Bersilaturahim kepada muadzin didesa terpencil di Pekuncen beliau merupakan muadzzin yang selalu menjalankan tugasnya dan selalu berusaha untuk datang kemasjid meskipun kondisinya mengalami cacat dikarekan kecelakaan saat memasang kabel dimasjid. Kita ingin kegiatan tali kasih bisa menyentuh yang lebih luas lagi tidak hanya kepada saudara kita yang kekurangan tetapi juga saudara-saudara muslim kita yang mengalami kesulitan ataupun masalah lain yang wajib juga kita perhatian dan selama ini belum terpikirkan untuk kita bantu. Harapanya dengan bakti sosial di lapas wanita dan tali asih kepada saudara kita muadzin ini mendapat keridhoan Allah dan bersama-sama kita kirasakan kebahagiaanj meyambut datangnya bulan suci ramadhan ini dengan bahagia dan hati yang bersih.
Selanjutnya adalah kegiatan pawai tarhib ramadhan dan lomba-lomba ketangkasan. Dengan beragam kostum dan disertai alat musik akustik. anak-anak berkeliling membawa sepanduk disertai dengan kostum-kostum yang apik menyebarkan semangat berpuasa dan selamat datang bulan ramadhan juga famplet jadwal waktu sholat dan sahur dan berbuka puasa.
Ramadhan disekolah juga tidak kalah seru para siswa, diajak kembali untuk bersenagat menambah hafalan surat-surat pendek, menghafal doa-doa Ramadhan, mengenalkan keutamaan berpuasa, arti berbuasa dan apa saja yang membatalkanya, sampai pada hal-ahal yang dapat mengurangi pahala puasa, sholat dhuha, membuat figura untuk ayah bunda sebagai hadiah ramadhan, dan paling penting adalah belajar berpuasa disekolah. Bahkan sudah banyak anak-anak dari TK B Al Irsyad yang sudah berpuasa penuh. kita mengajarkan semangat kepada anak-anak sejak dini untuk memcintai Ramadhan dengan belajar berpuasa sejak dini, belajar untuk menahan marah, belajar untuk melaksanakn sholat fardhu dan juga belajar untuk memperbanyak hafal-hafalan Al Quran karena Ramadhan Adalah bulan-bulan diturunkannya Al QuranKata Nur Sabiha, S.Pd. Kepala sekolah KB & TK Al Irsyad
.

You Might Also Like

0 komentar: