Serunya Peringatan Hari Dongeng Sedunia di KB dan TK AL Irsyad Purwokerto

21.56 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments






Dalam rangka memperingati hari dongeng sedunia pada 21/3 KB dan TK AL Irsyad Al Islamiyah Purwokerto mengadakan kegiatan mendongeng bersama kek Tedi. Sebagai kegiatan pembuka, hadir Alma dan Kansa salah satu siswa TK Al Irsyad yang berbakat dan mendapatkan juara I dalam acara lomba dongeng tingkat kabupaten banyumas. Tampilan Alma dan Khansa ini memotivasi siwa untuk belajar mendongeng meskipun mereka masih kecil.
Anak-anak terlihat sangat ceria dan bahagia, mereka terlihat sangat antusias dan menyimak dengan bersungguh-sungguh tiap kata, intonasi suara dan gerakan tubuh kak tedi. Dan tidak ketinggalan anak-anak berseringai suara tawa ekspresi kebahagiaan saat mereka mengikuti alur cerita dongeng yang berkisah tentang Anak Sholah berani Tidur sendiri. Tidur sendiri bagi anak-anak menjadi hal yang menakutkan karna takut gelap, rumor hantu dan lainnya.
Nama lengkap Tedi Kartino merupan salah satu tokoh pendongeng Nasional. Sejak lama beliau berkonsentrasi pada dunia pendidikan anak melalui dongeng. Beliau juga mendirikan kampung dongeng.

Melalui dongeng anak-anak belajar banyak hal mulai dari bahasa ekpresi, memahami nilai melalui kata-kata yang didengar, beragam intonasi suara, gerak tubuh dan keteladanan yang banyak yang bisa anaka-an ambil melalui mendongeng. Juga ketertiban dan keteraturandemikian ungkap Nur Sabiha Kepala Sekolah KB dan TK Al Irsyad AL Islamiyyah Purwokerto.  Sekolah juga akan menggalakkan gerakan sekolah mendongeng salah satunya melali gerakan orang tua mendongeng dan gerakan guru mendongeng. Setelah pada tahun sebelumnya sekolah mengadakan safari dongeng yang merupakan kegiatan berbagi semagat dongeng ke sekolah-sekolah PAUD di Kabupaten banyuas yang sudah terlaksana selama dua tahun berturut-turut.
Dengan semangat program gerakan literasi sekolah dan gerakan orang tua membacaka buku. Sekolah juga membekali para gurur-gurya utuk menambah lifeskill khususnya kemampuan mendongeng para guru KB dan TK AL Irsyad peru ditingkatkan kembali. Sehingga sekolah juga akan mengadakan workshop mendongeng bersama kak tedi yang akan dilaksanakan pada Senin, 26/3 mendatang. Untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap donegng dan juga menumbuhkan bakat-bakat generasi baru para pendongeng cilik sedini mungkin.

Kepala Sekolah beranggapan sudah saatnya orangtua kembali melakukan kegiatan mendongeng. Selain mempererat hubungan orangtua dan anak, mendongeng juga dapat menambah cakrawala, merangsang imajinasi, menambah pengetahuan, dan memperkaya perbendaharaan kosakata.

_umisalama


You Might Also Like

0 komentar: