Komite Sekolah Sukses Selenggarakan Seminar Nasional “Pendidikan Karakter Moral Anak Untuk Membangun Peradaban Bangsa”

21.30 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments







Sabtu, 17/03 hari libur Nasiona tiak menyurutkan Komite Sekolah KB & TK Al Irsyad Al Islaiyyah Purwokerto mengadakan seminar Nasional bertajuk “Pendidikan Karakter Moral Anak Untuk Membangun Peradaban Bangsa”. Acara berlangsung di Aula Yusticia Univesitas Jendral Soedirman Purwokerto. Gedung Yustisia dipenuhi hampir 500 peserta seminar dari berbagai element khususnya guru dan wali murid KB dan TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.
Secara khusus ketua komite Enny Dwi Cahyani, menyampaikan bahwa Komite Sekolah perlu sekali mengadakan seminar tersebut karna “Penanaman moral itu tidak bisa instant. Harus sejak dini dan butuh proses yang dipengaruhi lingkungan, keluarga, sekolah dan sosialnya. Kami sebagai orangtua yang terwadahi dalam Komite sekolah K& TK Al Irsyad merasa seminar ini sangat penting agar ada sinergi yang terbangun dengan baik antara orangtua, guru, dan pemerintah untuk membangun bangsa. Karena bangsa yang maju adalah bangsa yang berkarakter kuat dalam dalam kejujuran, disiplin, tanggung jawab dan karakter moral yang lainnya. Yuk! Ajarkan karakter moral sedari dini”. 
Hadir selaku pemateri utama Analisa Widyanngrum, M.psi,Psi seorang psikolog kenamaan dari kota jogja, psikolog dari Jogja Internasional Hospital yang memiliki banyak aktivitas lainnya dibidang social dan Pendidikan anak ini menyampaikan bahwa “peran pengasuhan kedua orang tua. Ayah dan Ibu sangat berpengaruh pada karakter moral anak. Bangunlah komunikasi yang sehat antara ketiga belah pihak antara  Ayah, Ibu, dan Anak. Peran ibu penting sekali sebagai Madrosatul Ula tapi tugas Seorang Ayah bukan hanya mencari nafkah bagi keluarga. Ayah juga memiliki peranan penting dalam membentuk karakter anak laki-lakinya sekaligus bisa menjadi figur laki-laki pertama yang dikenal anak perempuanya”.
Pembicara menyampaikan bahwa setidaknya ada 5 peran penting orangtua yaitu; 1. Mengarahkan anak (Directing), 2. Menerima (accepting), 3. Memelihara (Nurturing), 4. Mendewasakan (Maturing) dan 5. Memberi contoh (Modelling).
Kepala Sekolah KB & TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan seminar nasional tersebut “Kita harus menjadi orangtua yang hebat, guru-guru yang hebat untuk anak-anak hebat kita. Sehingga Pendidikan Karakter Moral Anak Untuk Membangun Peradaban Bangsa bisa kita wujudkan sejak dini dari sini, dari kita untuk bangsa” Ungkapnya saat memberi sambutan dalam kegiatan seminar Nasional tersebut.

_umisalama


You Might Also Like

0 komentar: