Kelompok Bermain Al Irsyad Pelajari Budaya Banyumas

20.24 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments





Memasuki tema pembelajaran Budaya Banyumasan. Kelompok Bermain Al Irsyad Al Islamiyyah Purwkerto melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran yang menyenangkan terkait Budaya Banyumas yang dipelajari. Seperti pagi ni anak-anak ramai berwarna warni memakai kostum batik. Pada sentra main peran dengan “Pengrajin Batik” para siswa terlihat asyik mulai dari bermain menjadi pengrajin batik, penjual batik, dan para pembeli batik.setelah serangkaian kegiatan selesai para siswa bersama-sama praktek menyetrika batk. Praktek menyetrika menjadi kegiatan penting karna kelenturan tangan anak-anak akan diasah yang tentunya ini mengasah sensori motorik anak. 
Sepekan sebelumnya anak-anak belajar tentang jenis-jenis makanan khas daerah banyumas. Mereka membawa makanan tersebut kesekolah, menyebutkan namanya, rasa dan bahan yang dipakai untuk membuatnya. Dan tidak ketinggalan praktek membuat makanan khas banyumas bersama teman-teman sekelas yang pastinya sangat seru. Seperti mendoan dari tempa, getuk, goreng dari ketela, nopia kamir, klepon dan cenil dari tepung beras. Para siswa  juga telah belajar tentang bagaimana cara menam tumbuhan seperti yang para petani di bayumas lakukan.
Mengenal Kebudayaan Daerah sendiri menjadikan mereka mengenal identitas diri dengan baik, anak-anak berasal dari daerah mana, makanan apa yang mereka suka, pakaian bagaimana yang mereka pakai, bahasa dan lain sebagainya ini tema utama tapi kami kemas dengan 6 aspek pengembangan anak usia dini sehingga hasilnya lebih mengena untuk anak-anak sebagai bekal pengetahuan mereka.  Terlebih pada usia kelompok bermain ini, kemandirian, bahasa fisik motorik ini menjadi sangat penting untuk kita rangsang dan kembangkan dengan cara-cara yang fun learning. Ungkap Nur Sabiha, S.P. AUD kepala KB & TK Al Irsyad Purwokerto.

You Might Also Like

0 komentar: