Bekal Liburan Dari Kepala Sekolah

20.49 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments


PEKAN ini seluruh siswa KB dan TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto memasuki libur sekolah yang panjang sampai awal tahun nanti.
Setelah sekolah diramaikan dengan kegiatan class meeting yang fun dengan piknik dan lomba-lomba dibalai kemambang dilanjutka dengan rapotan yang berbeda dari sebelumnya, teknik rapotan terbaru yaitu dengan pararel dan general dalam satu ruangan sama dan juga terbaru disisipi dengan parenting pengantar liburan oleh kepala sekolah yang isi materinya seputar; informasi libur sekolah, perkembangan belajar siswa selama satu semester dengan hasil berkembang sangat baik, info yayasan oleh kepala harian LPP Totok Yulianto mengenai pendidikan berkelanjutan dari TK ke SD.
Ada hal yang menarik dari materi parenting yang disampaikan oleh kepala sekolah saat yaitu mengisi libur sekolah tetap belajar fun bersama orang tua kapan saja dan dimana saja. Harapanya orangtua memanfaatkan waktu luang untuk bermain bersama, makan bersama, piknik bersama, sholat bersama, ngaji bersama, menyambung tali dengan bersilaturahin ke saudara yang jauh, dan sebagainyyarepotan kemarin, didampingi oleh ketua harian LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Nur Sabiha memberi bekal kepada wali murid untuk tetap mendampingi belajar siswa meski saat liburan caranya dengan pembelajarn ringan dan fun yang bisa dilakukan dimana saja yaitu dengan bermain tepuk-tepuk
Kepala sekolah memberi beberapa contoh tepuk-tepuk yang bisa diajarkan wali murid dirumah seperti; tepuk huruf hijaiyah, tepuk pegang, tepuk taat.
1.    Tepuk huruf hijaiyah;
Jika disebutkan “A” anak dan orangtua tepuk 3x
Jika disebutkan “BA” anak dan orang tua tepuk 2x
Jika disebutka “TA”anak dan Orang tua menyebutkan Alhamdulillah
2.    Tepuk Pegang;
Tepuk 1x, prok.. dijawab degan pegang hidung
Tepuk 2x, prok.. prok..  dijawab dengan pegang telinga
Tepuk 3x, prok.. prok.. prok.. dijawab dengan pegang kepala
Tepuk 4x, prok.. prok.. prok.. dijawab dengan pegang pipi sambil berkata
“Hmm.. Ademm”
“Hmm.. Maknyess”
3.    Tepuk Taat
Bila aku, prok..prok..prok..
Taat ibu, prok..prok..prok..
Maka aku, prok..prok..prok..
Harus diam, prok..prok..prok..
Dengarkan, prok..prok..prok..
Kata ibu, prok..prok..prok...
Dengarkan kata ibu, prok..prok..prok..

Tepuk tangan ini memberikan motivasi dan konsentrasi kepada anak-anak. Banyak anak saat ini jika dipanggil tidak mendengarkan dan bahkan terkesan cuek dan terfokus pada penglihatan visual. Dengan tepuk ini bisa dibangun konsentrasi antara visual dan dan audio visual, penglihatan dan pendengaran. Agar anak-anak mempu menghargai panggilan orangtua dan tentunya mendekatkan ikatan emosional anatara orangtua dengan anak. Ungkap kepala sekolah Nur Sabiha saat menyampaiakn materi tepuknya. [Umi Salamah]
sekolah_terbaik

You Might Also Like

0 komentar: