Wow, KB & TK Al Irsyad Punya Kebun Binatang Sendiri

01.01 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments









Tentu bukan kebun binatang yang sesungguhnya, karena hari ini Sabtu, 7 Oktober 2017 setiap siswa membawa binatang peliharaan masing-masing ke KB dan TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Tercatat lebih dari 123 species koleksi zoo park yang unik seperti lobster, beragam jenis burung-burung, sugar glider, kura-kura, kelinci, beragam jenis kucing, beragam jenis ikan, binatang serangga, binatang ternak dan beragam jenis ikan.
Kegiatan zoo park ini merupakan kegiatan puncak tema dari tema pembelajaran Binatang. Setelah sebelumnya selama tiga pekan para siswa belajar tentang beragam jenis binatang, mulai dari binatang qurban, binatang ternak, biantang kesayangan, biantang liar dan biantang serangga.
Asyik sekali suasana di sekolah, apalagi para guru telah menghias area bermain menjadi seperti kebun binatang betulan. Para siswa juga membuat dan memakai kostum topi binatang beraneka binatang yang telah mereka pelajari.
Selain sebagai puncak tema para siswa juga diaajarkan untuk tertib mengikuti aturan-aturan selama berkunjung ke zoo park. Pertama para siswa diajarkan untuk membeli tiket masuk ke zoo park, belajar antri menunggu giliran masuk, tidak menggangu binatang yang dilihatnya, tidak keluar dari barisan kelasnya dan sebagainya.
Pada kegiatan zoo park ini sekolah juga mengundang tokoh Dokter Hewan. drh. Ratih dan Adentya turut hadir menyemarakkan kegiatan zoo park sambil menjelaskan bagaimana cara menyayangi dan merawat binatang yang baik dan benar. Cara memelihara hewan yang sehat, dengan rutin memandikan, memberi mereka makanan yang sehat, memberi vitamin dan sebagainyya.
"Menyayangi binatang merupakan karakter yang diajarkan di sekolah, hal ini sesuai dengan perintah Allah Swt. untuk menyayangi ciptaan Allah Swt.," terang Nur Sabiha, kepala sekoah yang baru saja pulang dari acara penganugerahan prestasi sekolah di Jakarta.
Menurutnya, menyayangi binatang itu perlu ditanamkan sejak kecil bersamaan dengan penanaman kasih sayang terhadap alam sekitar dan teman-temannya. Dengan demikian, siswa akan memiliki sifat kasih sayang terhadap semua makhluk Allah Swt.
"Memelihara binatang juga bukan perkara yang mudah, namun memahamkan pentingnya menyayangi binatang merupakan modal dasar untuk mengajari siswa peduli dengan kebersihan dan kesehatan binatang peliharaan," lanjutnya.[Umi Salamah]




You Might Also Like

0 komentar: