Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini, Manasik Haji 2017

02.03 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments








Sabtu 26 Agustus 2017  KB dan TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto bersama 13 KB dan TK sebanyumas mengadakan kegiatan manasik haji yang berlokasi di Alun-alun Purwokerto dan diikuti lebih dari 880 peserta, 30 % lebih banyak dari tahun sebelumnya. Bersama Ustadz Ibnu Rochi Lc selaku Amirul Hajj mampu membawa suwasana khusu’ seperti sedang melakukan ibadah haji yang sesungguhnya diiringi dengan gema Talbiyah, silih berganti para jamaah anak-anak kecil towaf mengelilingi  ka’bah. kegiatan manasik haji ini berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Seperti tahun sebelumnya dengan jumlah peserta yang meningkat lebih banyak, tahun ini juga diramaikan dengan keikutsertaan dari sekolah lain yang ikut bergabung seperti; POS PAUD Sokanegara III (20 anak), POS PAUD Tiara (18 Anak), TK IT Al Istiqomah (27 Anak), TA Miftahussalam (80 Anak), POS PAUD Mekarsari (27), KB & TK Genus (55 Anak), KB Ar Rosyid (20 Anak), KB Anak Sholeh (39 Anak), KB Permata Hati (8 Anak), KB Mutiara Hati (71 Anak), TK IT Hj Siti Fatimah (129 Anak), TK Al Irsyad Kaliori (50 Anak), TK Al Izzah (65 Anak). Dan pastinya KB & TK Al Irsyad dengan peserta terbanyak 272 siswa. Dengan keramahan dan keceriaan Ustadzah Nur Sabiha membuka acara dan menyapa para siswa dengan lagu Manasik Haji, para siswa mengikuti dan menyanyi dengan semangat bertalbiyah yang ditirukan oleh para siswa.
Pada pembukaan tersebut Nur sabiha menyampaikan bahwa manasik haji selain mengenalkan rukun-rukun haji sekaligus mengajarkan kepada anak-anak kemandirian, kekompakan dan ketertiban. Mengenalkan doa-doa Ibadah Haji, juga sebagai bentuk Syiar Islam, menanamkan nilai-nilai keislaman, serta sebagai sarana meningkatkan tali silaturahmi dan kerjasama dengan sekolah lainnya.
Pelaksanaan Manasik Haji menjadi sarana edukasi penting bagi peserta didik untuk sejak dini mencintai agama Islam dengan pendekatan kontekstual dimana anak-anak bisa merasakan langsung serangkaian acara lengkap tata-cara ibadah haji selain itu juga menjadi satu kesatuan dengan tebar hewan Qurban yang akan dilaksanakan pada Idul Adha mendatang, dilanjutkan dengan Tebar daging Qurban kepada masyarakat sekitar sekolah dan juga kepada anak-anak yatin dan Panti Asuhan, mengajarkan semangart berbagi kepada saudara-saudara muslim lain yang membutuhkan ungkap Nur Sabiha Kepala TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

You Might Also Like

0 komentar: