KB AL IRSYAD SELENGARAKAN GERNAS MANJUR II

09.34 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments







Sabtu, 20 Mei 2017 KB Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto Menyelengarakan serangkaian Kegiatan GERNAS MANJUR, Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur. Kegiatan ini  merupakan kegiatan Keluarga Serentak Se-indonesia yang bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.
Kegiatan Gernas Manjur ini diikuti oleh seluruh anak-anak Kelompok Bermain KB Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
Ini menjadi Gernas Manjur yang special untuk KB Al Irsyad dengan memadukan berbagai kegiatan yang dikemas menjadi satu kesatuan yang apik mulai dari kegiatan pertama; Gema Qurani yang penampilan siswa-siswi dalam melantunkan surat-surat yang mereka hafalkan. Hafalan hadist tentang keutamaan kejujuran dan senyum, kreasi gerak dan lagu anak-anak, sambung ayat Qs. Al Lahab Anak dengan Bunda, mini drama percakapan bahasa inggris antara anak dengan bunda  fan Menyanyi Bersama “Aku Anak Jujur”.
Kegiatan kedua parenting program, mengambil Tema “Mendidik Tentang Kejujuran untuk anak usia 2-3 tahun” bersama Ratih Winanti, S.Psi.
kegiatan ketiga Launching Buku (kumpulan Cerita Anak dengan beragam kisah-kisah keteladanan yang merupakan karya tulisan dari seluruh Guru) dan kata pengantar dari kepala Sekolah Nur Sabiha tentang “Pendidikan Karakter melalui Cerita Akhlaq Mulia”. Buku tersebut akan dibagikan kepada seluruh wali murid tujuannya untuk membiasankan budaya bercerita dirumah. Membangun kedekatan dan ikatan emosional antara orangtua dengan anak. Kegiatan keempat Forum discussion groups, FGD ini dibagi menjadi 3 kelompok yang membahas tentang; kejujuran anak dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara orangtua dalam meresponnya untuk menanamkan kejujuran pada anak sejak dini. kelompok kedua membahas tentang bagaimana tekhnik bercerita untuk anak dalam mengajarkan dan menanamkan nilai dan perilaku kejujuran melalui cerita anak. Kelompok ketiga membahas tentang drama main peran melalui kisah teladhan kekhalifahan umar “penjual susu”
kepala sekolah Nur Sabiha menyampaikan bahwa tujuan dari terselengarakanya kegiatan Gernas Manjur II KB AL Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto ini adalah untuk; 1. Mengembangkan perilaku jujur sejak dini, 2. Meningkatkan karakter jujur melalui cerita keteladanan, 3. Mendorong pelaksanaan parenting dalam pendidikan karakter, 4. Peningkatan dan Penguatan karakter anak melalui peran pendidikan dalam keluarga dan sekolah sejak dini.
Bunda Paud Banyumas Ny. Erna Achmad Husein berkenan membuka kegiatan dan memberi Sambutan pada Gernas Manjur kali ini. Dalam kesempatan ini Bunda PAUD menyampaikan apresiasi yang besar kepada KB AL Irsyad yang telah menyelengarakan kegiatan Gernas Manjur ini. bertepatan dengan hari kebangkitan Nasional, Gernas Manjur ini berlangsung secara serentak  Se-Indonesia. Dan di Purwokerto ini KB AL Irsyad yg berhasil menyelengarakan dengan apik. Bunda PAUD meyampaikan juga bahwa pembelajaran Anak Jujur adalah sebagai ihtiar untuk menanamkan keteladan kepada anak-anak kita sejak dini. anak-anak usia dini adalah bekal kita untuk membangun Indonesia yang berkemajuan yang jauh dari korupsi. sejak dini kita didik mereka dengan nilai-nilai kebaikan, kejujuran dan sebagainya. Pemberian stimulus dengan pendekatan pembelajaran yang baik ini akan tertanam karakter yang kuat sampai mereka menjadi dewasa.
Ketua Harian LPP, Totok Yulianto turut hadir Pada kegiatan Gernas Manjur ini, juga kepala UPK Kecamatan Purwokerto, dan Ketua HIMPAUDI Kabupaten Banyumas yang menambah hidmat selama kegiatan berlangsung.
Mengambil Tema “Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Kita Songsong Lahirnya Generasi Baru Cerdas Berintegritas”
Konsentrasi Gernas Manjur pada Keluarga adalah Pondasi dasar membangun karakter dan nilai integritas manusia. Karakter manusia dipengaruhi 3 lingkungan yaitu keluarga, lembaga pendidikan dan masyarakat. Usia 0 – tahun sebagai golden age dalam membangun karakter dan kecerdasan yang komprehensif melalui tauladan, pengalaman, pembelajaran yang diterima anak dari lingkungan.
@NurSabiha


You Might Also Like

0 komentar: