Asyiknya Belajar Bersama Kepala Sekolah

23.48 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments





Pagi ini kegiatan pembelajaran di kelas B2 Al Muhaimin menjadi special, pembelajaran kali bersama Ustdzah Nur Sabiha. Anak-anak belajar mencipta bentuk melalui media audio visual. Berawal dari pengenalan konsep geometri ustdzah Nur mengembangkan lagi berbagai permainan seperti permainan make a train untuk mengelompokkan bentuk geometri, permainan puzzle geometri,  permainan  mengelompokkan gambar bentuk geometri, permainan menebak gambar, tebak kata, kegiatan permainan menggambar hasil ciptaan dari bentuk geometri dan menceritakan hasil gambar. Selain itu ustdzah Nur Juga mengenalkan senam bentuk geometri melalui gerakan tangan kaki dan koordinasi tubuh terkoordinasi menjadi bentuk lingkaran, segitiga, persegi, persegi panjang yang asyik dan menyenangkan sesuai dengan irama musik yang ceria dan semangat. Selain belajar bersama anak-anak juga dalam rangka penelitian tidakan kelas atau Classroom Action reaserch yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mencipta bentuk
Melalui penggunaan media pembelajaran audiovisual dengan mencipta bentuk geometri, Anak-anak terstimulus untuk menjadi kreatif, berani berpendapat dengan menceritakan hasil karya cipta bentuknya, motoriknya terasah dengan baik dan juga pengetahuan atau sisi kognitifnya anak-anak dengan kreasinya menciptakan karya baru yang terarah sesuai tema pembelajaran yang berlangsug seperti tema transportasi anak-anak mampu mencipta bentuk beragam alat transportasi seperti kereta, pesawat, mobil motor dan sebagainya. Tema tanaman; anak-anak mampu menciptakan beragam bentuk seperti bunga, pohon buah dan sebaginya. Pada tema diri sendiri anak-anak belajar mencipta bentuk rumah dan sebagainnya.

Mencipta bentuk dari kepingan geometri merupakan kegiatan yang merangsang kreativitas anak didik melalui kegiatan bermain dan menggambar yang dikenalkan melalui media audio visual power point yang sekaligus media ini dapat mengembangkan 6 aspek kemampuan dasar mengenalkan nilai moral agama, bahasa, kognitif, fisik motorik, sosial emosional dan seni yang disajikan melalui  media  audio visual power point karena media ini menggambarkan pengalaman visual sehingga dapat dipahami secara konkrit  dengan melihat, mendengar, dan memainkan serta anak berani unjuk kemampuan di depan teman-temannya. Ungkap kepala Sekolah Nur Sabiha.

You Might Also Like

0 komentar: