Parenting program Membangun Karakter Anak menjadi Sholeh, Sehat, Cerdas dan Bermanfaat.

23.31 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments



Sabtu, 18-3-2017 komite sekolah kembali mengadakan kegiatan parenting program. Berbeda dari kegiatan sebelumnya, kali ini memilih kegiatan Seminar Nasional yang mengambil Tema “Membangun Karakter Anak menjadi Sholeh, Sehat, Cerdas dan Bermanfaat”. Seminar semakin mantap dipandu oleh Bapak Dedy Andrianto, S.Pd, S.Sos selaku ketua HIMPAUDI Jateng dan Juga Ratih Winarni, S.Psi, M.H, Psikolog beliau merupak pakar Psikolog RSUD Banyumas pemateri yang berkecimpung dalam dunia pendidikan yang sudah tidak asing lagi di provinsi jawa tengah.
sangat suprise sebagai bentuk Apresiasi Bapak Husein Bupati Banyumas turut berkenan hadir dalam kegiatan seminar ini dan memberi sambutan yang hangat. Secara khusus belau menyampaikan bahwa ”Pendidikan Karakter diterapkan dan ditanamkan sejak Dini, dan penanamanya melalui sekolah seperti Budaya Antri”
Acara dibuka oleh Bapak Purwadi Selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Belaui memberikan pesan kepada guru-guru PAUD agar mendukung parenting program karena pendidikan Keluarga sangat berpengaruh kepada pendidikan Karakter seorang Anak.
Secara lebih spesifik Ibu Ratih menyampaiakn Materi tentang kiat-kiat membangun komunikasi positif dengan anak dan pola asuh orang tua kepada anak dilihat dari bagaimana pola komunikasi yang dibangun oleh ayah dan bundanya dirumah terhadap anak-anak mereka. secara lebih detainya Bapak Dedy menyampaikan peran-peran pengasuhan kepada antar seorang ayah dan ibu seperti; untuk sebuah nasihat adalah tugas seorang ayah karena suara ayah akan mudah diterima dan pengaruhnya memberi kecerdasan dan sisi emosional kepada anak-anak mereka. “Qaulan syadid dan Qaulan Karimah” yaitu perkataan yang baik dan yang Mulia dari sisi seorang ayah dan bundanya. Tugas ayah bukan hanya pemberi nafkah keluarga tetapi juga berperan langsung dalam membimbing untuk menjadikan dan membentuk anak-anak mereka menjadi anak-anak yang shaleh.
Kedua pemateri juga memberikan tips-tips agar terjalin hubungan emosional, psikologis, spiritual yang kuat anatar seorang anak dan kedua orang tuanya yaitu sebagai berikut; menciptakan waktu yang berkualitas dan moment insidental  seperti suasana yang akan terus dikenang oleh seorang anak yaitu pada saat; dia sedih, menghadiri acara penting disekolah seperti hadir saat pentas disekolah, mendokaan, doa yang didengar oleh anak-anak pada saat moment tertentu. Bermain dan berlibur bersama.
Pemateri juga menambahkan Bagaimana menjadi orang tua  yang dirindu oleh anak-anak dengan cara; menyapa anak-anak dengan ramah, bercerita atau mendnegar cerita, mendampingi anak-aak sebelum tidur di waktu malam. Dan berkomunikasi saat dalam perjalanan. Dan membiasakan makan bersama keluarga.

Panitia juga mengundang peserta dari sekolah lain untuk turut hadir berbagi ilmu tentunya selain peserta utama yaitu dari para orang tua KB dan TK Al Irsyad hadir juga guru-guru dari sekolah lain yang diudang untuk mengikuti seminar.

You Might Also Like

0 komentar: