Study Banding KB dan TK AL Irsyad Ke PAUD Percontohan “KM 0” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta

01.45 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments













Pada sabtu, 8/10/2016 kemarin rombongan guru dan karyawan KB dan TK Al IRsyad Al Islamiyyah Purwokerto diterima oleh staff kementrian pendidikan dan kebudayaan ibu Donna Bersama tim menejemen dari PAUD KM 0 menyambut dengan hangat dan ramah kedatangan kami. Pembukaan dipandu oleh Ibu Donna dan perkenalan satu-persatu guru dan karyawan.

Berkaca pada paud percontohan dibawah Kemendikbud, inilah tujuan awal dari study banding yang dilakukan, kegiatan yang memperoleh masukan, dan ide-ide positif tentang pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan khususnya pada jalur pendidikan anak usia dini sebagai pilar pendidikan. Tuan rumah secara terbuka menjelaskan proses pembelajaran yang berlangsung disana, Kami secara terbuka mengadakan diskusi dan komunikasi aktif mengenai bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung disana,mulai dari pengawasan anak, kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

PAUD percontohan yang baru diresmikan pada Senin tanggal 20 Juni 2016 bernama Taman Penitipan Anak (TPA) Mekar Asih. TPA Mekar Asih Kemendikbud telah berdiri sejak tahun 1995. TPA tersebut merupakan sarana pemenuhan kebutuhan para pegawai Kemendikbud yang mempunyai anak usia dini, akan pendidikan, perawatan, pengasuhan, pemberian kasih sayang dan perlindungan saat orang tuanya bekerja. TPA/PAUD di Kemendikbud dikelola oleh Yayasan Bakti Idhata yang berada di bawah naungan Dharma Wanita Persatuan Kemendikbud. PAUD percontohan nasional, juga dibuka untuk masyarakat umum setiap hari Sabtu. Anak-anak dan orang tuanya dapat bermain bersama di PAUD KM “0” pada Sabtu, pukul 10.00 – 13.00 WIB, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) menyelenggarakan program “Main Bersama Ayah dan Bunda di PAUD KM ‘0’ Kemendikbud”.
Sama halnya dengan Fasilitas yang terdapat di KB dan TK Al Irsyad, Fasilitas di PAUD KM “0” juga sangat lengkap dan baik. Ruangan-ruangannya terbagi menjadi ruangan yang tematik, antara lain ruang seni dan kreatif yang dilengkapi dengan berbagai mainan yang merangsang kreativitas anak, area bermain peran yang dilengkapi dengan pakaian anak dari berbagai profesi/pekerjaan dan peralatannya, ruang musik dengan berbagai alat musik tradisional maupun modern, area balok dan gerak, hingga area basah, di mana anak-anak dapat bermain air di kolam kecil serta bermain pasir. Selain itu ada juga ruang anak usia 1-2 tahun, ruang anak usia 2-3 tahun, ruang Pra SD, ruang tidur, ruang bayi, ruang laktasi, ruang ibadah, ruang makan, ruang dapur, ruang kesehatan, ruang bermain air, thoilet, ruang laktasi, ruang menunggu, ruang bermain indoor, ruang bermain musik. 


Dengan adanya study banding ini, sebagai bahan inspirasi dan masukan positif dari sisi eksternal untuk terus memperbaiki pelayanan-pelayanan pendidikan kepada peserta didik di KB dan TK Al Irsyad, menjadi semakin baik, tentunya dengan melengkapi fasilitas penunjang pembelajaran, desain kelas yang lebih colourfull, pengadaan alat peraga yang terbarukan ramah anak. Juga pada sisi SDM akan punya pengalamana dari guru sekolah lain sebagai bahan masukan yang positif untuk semakin memperbaiki mutu dan kualitas diri, dari pihak sekolah tentunya akan selalu Mendukung baik beruma materil maupun non materi untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan ide-ide kegiatan pembelajan agar para peserta didik selalu merasa senang, riang dan mendapatkan nilai yang bermakna dalam tiap kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan. Study banding ini adalah salah satu jalan langkah komitmen kami untuk berumah semakin baik lagi InsyaAlla, Ungkap Nur Sabiha, Kepala sekolah KB dan TK Al Irsyad saat dimintai pendapat tentang study banding di Jakarta ini.

You Might Also Like

0 komentar: