Puncak Tema 255 siswa KB dan TK AL Irsyad Panen Raya Jambu Citra

01.12 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments







Masih dalam tema pembelajaran  Tanaman, KB dan TK Al Irsyad Purwokerto pada Rabu-Kamis, 12-13 Oktober kemarin melakukan panen jambu yang berlokasi di Purbaligga. Sebanyak 255 siswa meramaikan penen raya jambu raya tersebut. Panenan dibagi menjadi dua kloter yaitu kloter pertama pada hari Rabu, 12 Oktober siswa Kb dan TK A Al irsyad mendapatkan giliran panen pertama dan melanjutkan panen kedua yaitu seluruh siswa dari Tk B Al Irsyad yang mendapatkan giliran kedua.
Dari panen jambu selama dua hari tersebut para siswa berhasil memanen sedidaknya 90 kg jambu. Hasilnya sebagian para siswa memakanya ditempat saat panenan sebagian dibawa pulang dirumah untuk ayag dan bundanya sebagian berbagi.
Para siswa terlihat sumringah dan senang, memilah-milah jambu mana yang akan dipanen, dan memcicipi jambu hasil petikanya sendiri dan berseru “Ustadzah.. jambunya manisss.. aku jadinya sekarang suka jambu”
Secara natural para siswa menyukai buah-buahan dan termotifasi untuk makan lebih sehat seperti buah-buahan dan sayuran.
Pendekatan alam adalah salah satu cara pembelajaran anak-anak agar belajar mudah mensyukuri karunia Allah SWT, belajar rupa-rupa tanaman, buah-buahan dengan beragam nikmat bumi dan apap yang ada didalamnya termasuk tanaman. Selain itu juga panenan, dekat-dekat dengan tanah, mengolah motorik kasar anak-anak dampaknya banyak sekali bagi kesehatan.  Tujuan dari diadakanya kegiatan penenanKepala Seekolah Kb dan TK Al Irsyad Purwokerto Nur Sabiha, S.Ag menjelaskan lebih lanjut yaitu untuk;
1. Menjadi lebih Aktif
Berolahraga memang memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan suplai oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh anda, mengurangi tekanan darah tinggi dan risiko kanker,serta mempertahankan kepadatan tulang dan kekuatan otot. Berkebun juga merupakan salah satu cara yang baik untuk melakukan olahraga selama akhir pekan, Anda mungkin akan mendapatkan full-body workout tergantung pada apa yang anda lakukan. Memotong Rumput? Kaki anda akan mendapatkan manfaat dari jongkok yang anda lakukan ketika sedang memotong rumput. Membawa pupuk? lengan anda akan terlatih karena banyak kegiatan berkebun yang menggunakan tangan dan salah satunya ialah mengangkat beban.
2. Terjun ke Tanah dan Kotor
Tidak perlu khawatir apabila anda mendapati tangan anda kotor ketika sedang berkebun, Sejatinya, di dalam tanah terdapat bakteri-bakteri yang baik untuk tubuh Anda dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bahkan suasana hati Anda. Tubuh kita juga sebenarnya membutuhkan keseimbangan bakteri (yang baik) untuk menjadi sehat.
3. Dapat meningkatkan aktivitas otak
Berkebun dapan memiliki efek menangkan pada suasana hati Anda dan memberikan efek positif pada kesehatan mental
Dapat mengurangi stress, dan memberikan kepuasaan tersendiri ketika anda melihat tanaman anda tumbuh dengan sehat.

4. sekolah hijau

Kita semua tahu bahwa kita harus memakan buah dan sayurah setiap hari, jadi mengapa tidak menanamnya sendiri? ini merupakan salah satu manfaat dari melihat tanaman anda tumbuh, memanennya dan menambahkannya ke dalam sebuah hidangan yang sehat, hal semacam ini juga merupakan salah satu contoh yang baik bagi anak-anak.


You Might Also Like

0 komentar: