Membuat Getuk Mawur

01.26 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments








Memasuki dua pekan tema pembelajaran “Tanaman” TK B Al Irsyad selalu menghadirkan puncak tema pembelajaran yang seru, menarik dan menyenangkan. Dengan konsep pendekatan pembelajaran bermakna tiap sentra memiliki peran penting didalamnya. Pesan yang tersampaikan dalam tiap kegiatan pembelajaran adalah keberhasilan pembelajaran. Dan untuk nilai keberhasilan ini sekolah selalu mengemas kegiatan pembelajan dengan unik.
Seperti yang terlihat dalam sentra masak, para siswa sebelumnya diajak untuk mengenal bergam jenis tanaman singkong, cara menanamnya, praktek menanam singkong, manfaat singkong untuk manusia kandungan gizi, beragam jenis makanan yang terbuat dari singkong maka akan lebih lengkap para siswa diajak untuk mengolah sendiri singkong menjadi makanan. Keripik singkong, gethuk goreng, singkong rebus, tape, jenang merupakan beberapa jenis makanan yang sudah para siswa ketahui dan sebagian besar telah mencobanya.
Gethuk Mawur adalah jenis olahan singkong yang kebanyakan para siswa belum pernah mencobanya. Setelah para siswa mempelajari tahapan cara pembuat gethuk mawur, secara berkelompok para siswa akan menjajal sendiri membuat gethuk mawur. Kerja kelompok, kekompakan, kebersamaan, kemandirian dan tanggung jawab nilai-nilai inilah akan akan terasah dengan sendirinya melalui kerja kelompok. Tiap kelopok terdiri dari 10, 12 sapai 13 siswa jumlah kelompok disesuaikan dengan jumlah siswa pada tiap kelasnya. Setiap siswa memiliki tugas sendiri-sendiri didampngi ustdzah. Satu-dua anak bertugas mencuci singkong, tiga-empat anak memotong singkong menjadi bagian kecil-kecil, lima-enam anak bertugas mengukus singkong, tujuh-delapan anak bertugas membuat urapan yang terdiri dari gula pasir, ampas kelapa, dan sedikit garam dan mengukus urapan agar awet dan tidak cepat bau, kemudian bersama-sama menghaluskan ubi yang telah direbus, membentuknya menjadi bentuk yang diinginkan para siswa (bulat, segi empat, oval, bentuk cinta dan sebaginya). Inilah yang dinamakan gethuk mawur para siswa diberi kebebasan berkreasi membentuk gethuk sesuai kesukaan mereka sendiri.
Closingnya para siswa yang awalnya bilang.. “ust… aku g suka singkong.. ust.. aku g mau..” Alhamdulillahnya setelah mencoba mencicip sedikiiiitttt… akhirnya bilang “ust… enak.. aku mau lagi”. Yes!!!! Alhamdulillah pesan pembelajaranya tersampaikan “tidak pilih-pilih makanan dan mensyukuri, menyukai makanan yang terhidang sebagai Rezeki dari Allah dan para siswa sukaa makan singkong, mengalahkan makanan fast food yang tidak sehat” ungkap Ummu Hani Afiatun, S.Pd.I Penanggung Jawab Sentra Masak TK B Al Irsyad.


You Might Also Like

0 komentar: