Menanam Jahe Merah Disekolah

22.51 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments








Pagi ini sejumlah 29 siswa kelas A2 Al Quddus TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menanam Jahe merah di halaman sekolah. Kegiatan ini dalam rangka program kelas uggulan. Masing-masing kelas mempersiapkan program unggulan yang educative inovatif dan tentunya menyenangkan bagi anak.
Sejalan dengan tema pembelajaran pekan ini yaitu profesi, sekaligus anak-anak dikenalkan dengan profesi petani yang menanam merawat dan memanen hasil dari kerja keras mereka sendiri.
Jahe merah dipilih untuk ditananm dikebuns ekolah karena selain tanamanya yang kuat tahan cuaca dan hama yang lebih penting lagi adalah Jahe merah memiliki banyak sekali khasiat dan kegunaan. Dan bahkan jahe disebutkan dalam Al Quran Qs Al Insan sebagai salah satu jenis minuman yang dihidangkan untuk para penduduk surga.
Sisi penting dari kegiatan ini adalah menyentuh anak-anak dari sisi spiritualitas dan religiusitas, anak-anak diajarkan untuk bersyukur kepada Allah atas segala karunia untuk keberlangsungan hidup dengan mencari rizki yang halal salah satunya menjadi petani. Dan para siswa belajar untuk berlomba-lomba dalam kebaikan mendapatka ridho Allah, menjadi anak-anak yang shaleh dan masuk surga dengan beragam kenikmatan didalamya sebagai balasan untuk orang-orang yang paling banyak amal kebaikanya.
Dari sisi ketrampilan anak-anak akan terlatih dalam menanam dan merawat setiap hari sam[ai tanaman jahe tumbuh subur dan dapat dipanen bersama.
Dari sisi kreatifitas anaka-anak akan belajar mengolah jahe dengan berbagai cara, membuat permen jahe sedehana, jamu jahe, manisan jahe dan sebagainya
Dari sisi bahasa anak-anak menambah satu kosakata baru dalam bahasa arab, yaitu zanzabil/ jahe. Sedangkandari sisi kognitif anak-anak belajar bagaimana cara menanam jahe yang baik dan merawatnya yaitu mulai dari pemilihan bibit, menyemaian bibit, dan pemindahan bibit saat mencapai tinggi 10-15 cm. agar saat pemindahan kelahan yang lebih luas para bibit jahe akan tumbuh kuat susbur dan tahan terhadap cuaca dan hama.

Umi Salamah

You Might Also Like

0 komentar: