Aku Berani Memasak Didapur

21.03 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments








Belajar, belajar apa saja adalah sarana penyerapan pengetahuan dari luar kedalam diri peserta didik. Pengetahuan yang bersifat positif akan lebih mengena bagi para peserta didik dengan pendekatan pembelajaran langsung, memposisikan peserta didik sebagai subjek belajar, menjajal dan merasakan sendiri aktifitas-aktifitas belajar.
Juga dalam belajar memasak memasak. Untuk anak usia TK, dimana dapur menjadi salah satu tempat yang membahayakan untuk anak-anak, tetapi disisi lain dapur adalah sarana belajar kemandirian, kreatifitas dan taggung jawab anak. Para orang tua juga cenderung melarang anak beraktifitas di dapur.
Untuk menjembatani hal ini, sekolah mengadakan kegiatan cooking day. Selain anak-anak belajar berbagai cara, jenis, tentang pengolahan dan penyajian manakanan sekaligus juga anak-anak belajar banyak hal apa-apa saja yang dapat membahayakan keselamatan kita selama dalam dapur seperti kompor gas, pisau dan sebagainya. berawal dari sisni anak-anak belajar benar bagaimana memanfaatkan penggunaan perlengkapan dapur seperti kompor gas, pisau dan sebagainya yang wajib didampingi orang tua.
Seperti pagi ini siswa kelas A2 Al Qudduus terlihat sibuk di dapur menyiapkan bahan-bahan untuk memasak “Pisang Susu Coklat Keju” terbagi menjadi beberapa kelompok; para siswa belajar memasak mulai dari mengupas kulit pisang, memotong pisang menjadi dua bagian, memarut keju, dan menyiapkan berbagai jenis topping sajian pisang susu.
Setelah mendapatkan pengertian dan pemahaman tentang bahaya-bahaya, tidak mengurangi rasa takut anak-anak untuk terus memasak, mencoba hal-hal yang baru. Begitulah anak-anak, kita harus terus selalu mendukung mereka dan keterbatasan bukan penghalang untuk semakin melesat maju, keterbatasan sebagai bekal pengetahuan mereka untuk belajar dengan lebih baik tutur Nur Sabiha, S.Ag

You Might Also Like

0 komentar: