Menanam Jahe Merah Disekolah
Pagi ini sejumlah 29 siswa
kelas A2 Al Quddus TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menanam Jahe merah di
halaman sekolah. Kegiatan ini dalam rangka program kelas uggulan. Masing-masing
kelas mempersiapkan program unggulan yang educative inovatif dan tentunya
menyenangkan bagi anak.
Sejalan dengan tema
pembelajaran pekan ini yaitu profesi, sekaligus anak-anak dikenalkan dengan
profesi petani yang menanam merawat dan memanen hasil dari kerja keras mereka
sendiri.
Jahe merah dipilih untuk
ditananm dikebuns ekolah karena selain tanamanya yang kuat tahan cuaca dan hama
yang lebih penting lagi adalah Jahe merah memiliki banyak sekali khasiat dan
kegunaan. Dan bahkan jahe disebutkan dalam Al Quran Qs Al Insan sebagai salah
satu jenis minuman yang dihidangkan untuk para penduduk surga.
Sisi penting dari kegiatan
ini adalah menyentuh anak-anak dari sisi spiritualitas dan religiusitas,
anak-anak diajarkan untuk bersyukur kepada Allah atas segala karunia untuk
keberlangsungan hidup dengan mencari rizki yang halal salah satunya menjadi
petani. Dan para siswa belajar untuk berlomba-lomba dalam kebaikan mendapatka
ridho Allah, menjadi anak-anak yang shaleh dan masuk surga dengan beragam
kenikmatan didalamya sebagai balasan untuk orang-orang yang paling banyak amal
kebaikanya.
Dari sisi ketrampilan
anak-anak akan terlatih dalam menanam dan merawat setiap hari sam[ai tanaman
jahe tumbuh subur dan dapat dipanen bersama.
Dari sisi kreatifitas
anaka-anak akan belajar mengolah jahe dengan berbagai cara, membuat permen jahe
sedehana, jamu jahe, manisan jahe dan sebagainya
Dari sisi bahasa anak-anak
menambah satu kosakata baru dalam bahasa arab, yaitu zanzabil/ jahe.
Sedangkandari sisi kognitif anak-anak belajar bagaimana cara menanam jahe yang
baik dan merawatnya yaitu mulai dari pemilihan bibit, menyemaian bibit, dan
pemindahan bibit saat mencapai tinggi 10-15 cm. agar saat pemindahan kelahan
yang lebih luas para bibit jahe akan tumbuh kuat susbur dan tahan terhadap
cuaca dan hama.
Umi Salamah
0 komentar: