Jangan Buat Kelasmu Membisu, Buat Display Kelas Bersama Yuks..

20.24 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments








Display bukan sekedar selembar kertas yang ditempelkan di dinding, segurat coretan tak bermakna yang dibiarkan menggantung bertahun-tahun hingga memudar warnanya. Lebih dari itu Display adalah jejak-jejak keceriaan, canda, tawa, kesungguhan, kerja keras, ketekunan, kerja sama, kesabaran, cinta dan kebahagiaan. Dengan adanya display kelas, dinding-dinding yang diam, membisu ternyata dapat menceritakan kisah yang luar biasa. Display sejatinya seperti para malaikat yang mendampingi keseruan belajar para siswa, menjadi saksi atas keajaiban-keajaiban saat mereka menemukan sesuwatu yang baru dalam kelas mereka. Menggerakkan tangan-tangan mungil para siswa  untuk menunjuk dan menyentuh, melihat, merasakan dan menyimpulkan senyuman, tertawa lebar saat rasa penasaran  dan pertanyaan-pertanyaan mereka terjawab. Sehingga para dinding tidak lagi menjadi dingin, sepi, kaku, membosankan, tanpa warna, tanpa nuansa, dan tanpa jiwa. Display adalah jiwa yang memberi arti, makna, warna, dan nuansa yang akan menemani anak-anak kita berkelana ketempat-tempat istimewa, didalam memori kenangan terbaik mereka saat belajar. (Doni Ari Barata, vii;2015).
Lebih jauh lagi display menjadi saksi yang mencerahkan hati para siswa kita, yang mengalirkan, menghentakkan semangArt (seni untuk selalu bersemangat) sepanjang hari, menorehkan kehangatan, warna-warna keceriaan menghilangkan kemalasan dan kelesuan saat belajar. Penting sekali arti display kelas buat para pembelajar termasuk juga para pengajarnya sebagai barang bukti dan saksi-saksi atas keseruan para siswa dalam menemukan ilmu dan makna yang baru. Untuk membuat sebuah konsep dan managemen display kelas yang oke. Kita harus memperhatikan beberapa prinsip-prinsip berikut. Check it out here we go…
Aksesibilitas atau mudah dicapai
Penataan ruang dalam kelas kita harus memudahkan para siswa kita untuk meraih atau mengambil barang-barang yang dibutuhkan selama proses pembelajaran. Selain itu, jarak antar kursi harus cukup untuk dilaui sehingga siswa dapat bergerak dengan leluasa dan tidak menganggu siswa lain. Hal ini sudah pasti ditentukan dengan seberapa banyak jumlah siswa dan ukuran luas ruang kelas.
Fleksibilitas atau keluwesan
Barang-barang dalam kelas hendaknya mudah ditata dan dipindahkan, lalu disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Misalnya penataan tempat duduk yang bisa dirubah-rubah disesuaikan dengan  dengan metode pembelajaran misalnya diskusi, kerja kelompok dan sebagainya. pun, benda-benda dalam kelas seyogyanya dapat dipindahkan dengan mudah, terutama bangku dan meja siswa, serta papan tulis.
Kenyamanan
Kenyamanan dalam display kelas berkaitan dengan pencahayaan, suhu ruangan, sirkulasi udara, suara, dan kepadatan kelas sebagai berikut;
ü  Pencahayaan mutlak harus terang, dengan penerangan yang cukup
ü  Suhu ruangan dan sirkulasi udara harus sejuk untuk menambah kekhusukan dalam belajar
ü  Suara atau bunyi yang ada dalam kelas cukup penting dalam proses belajar. Jika suara itu bersumber dari guru yang sedang mengajar, intonasi dan ritmenya harus keren. Apabila suara bersumber dari alunan musik yang diperdengarkan, volumenya harus pas dan tidak terlalu keras.
Keindahan
Keindahan yang berkenaan dengan usaha guru menata ruang kelas yang menyenangkan dan kondusif bagi kegiatan belajar. Ruangan kelas yang indah dan menyenangkan dapat berpengaruh positif pada sikap dan tingkah laku siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakanakan.
Libatkan para siswa dalam menejemen display kelas
Jadikan kelas adalah sebuah rumah untuk para siswa dalam belajar, rumah yang nyaman untuk mereka. Sisi kenyamanan bisa dibangun bersama antara guru dan murid, mengajak mereka untuk mendesain kelas sesuai harapan dan keinginan bersama. Selain itu melibatkan para siswa juga akan mengajak mereka secara tidak langsung untuk dapat belajar bertanggung jawab, menjaga kerapian dan ketertiban bersama. Sebuah win-win solution.
(Munif Chatib, Display Kelas, Kelasnya Para Manusia 2015)

You Might Also Like

0 komentar: