Awali pembelajaran dengan cerita Kisah teladan

21.52 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments







Untuk menyambut pembelajaran dengan lebih bersemangat, setiap pagi sehari-harinya para guru membiasakan bercerita kisah-kisah teladan dari para Nabi dan Rasul serta cerita para sahabat tabiin generasi muslim terdahulu.
Pembiasaan bercerita memberi banyak pengaruh positif kepada peserta didik khusunya untuk memperkuat keteladanan, menyebarkan nilai-nlai kebaikan melalui cerita kisah-kisah teladan yang disampaikan oleh guru.
Tidak hanya sisi akhlaq, melalui bercerita anak-anak akan memperkaya bahasa dan menguatkan, menajamkan memori melalui daya ingat mengulang cerita yang disampaian dan lebih khusus lagi akan memambah kecerdasan emosional yang menjadi penyeimbang kecerdasan kognitif peserta didik.
Seperti pagi ini anak-anak terlihat antusias mendengarkan cerita kisah teladanan masa kecil Nabi Muhammad melalui buku cerita yang disampaikan oleh ustadzah  Diana. Anak-anak serasa terhipnotis terbawa pada masa kecil nabi Muhammad SAW yang penuh keteladanan yang nantinya akan ditiru olah anak-anak.
Para orang tua bahkan memesan untuk diceritakan kisah keteladanan tertentu kepada anak-anak disekolah apabila orangtua menemukan perilaku anak-anak dirumah yang kurang baik seperti terlalu lama mandi dan buat main-mainan sampai menghabiskan dan memboroskan sabun atau cerita seekor semut yang selalu di ingat salah seorang anak dan dengan sendirinya bilang ke bundanya “semut juga baik dan murut sama ibunya ya..”
Bercerita kisah teladan menjadi pembiasaan yang harus terus terlaksana untuk mengawali pembelajaran dengan lebih optimal, mengkondisikan sisi psikologis anak-anak untuk siap belajar dengan lebih bersemangat dari awal sampai akhir kegiatan pembelajaran tutur Kepala Sekolah Nur Sabiha, S.Ag.
Umi Salamah

You Might Also Like

0 komentar: