Manfaat Taekwondo untuk anak TK

22.49 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments




Berawal dari kesadaran bahwa anak-anak sekarang telah kehilangan masa keemasanya, masa bermain berkelompok, bekerjasama, sportifitas, kedisiplinan dan kejujuran melalui permainan tradisional yang banyak mengesplorasi gerak tubuh. Anak-anak sekarang cenderung obesitas dan individual. Selain karena factor gadged dengan single player, juga karena factor makanan yang instant tidak alami dan kurangnya gerakan fisik.
Tim Management TK Al Irsyad menjelaskan ekstrakulikurer tahun ini ada yang berbeda. selain ekstra paint, finger painting, mewarnai, tari, menyanyi, pidato, dan hafidzul quran ada satu tambahan ekstrakulikuler baru yaitu Taekwondo. Ekstrakurikuler ini didampingi oleh ustadzah Diana yang sudah mahir dan memiliki sabuk merah dalam seni beladiri taekwondo.
Menurut Muhammad Nanang Kusuma, Dosen Fakultas Olahraga Universitas Jendral Soedirman menyebutkan ada menegaskan bahwa olah raga seni beladiri penting untuk diajarkan kepada anak-anak usia diatas 4 tahun untuk membentuk karakter, membentuk kecerdasan melalui latihan pembiasaan konsep, melatih sikap waspada/sense of awareness. Yaitu waspada terhadap lingkungan yang bisa mengancam dan mempunyai ketrampilan sendiri untuk menghadapi bahaya. Pastinya kita tidak menginginkan anak-anak berada dalam situasi yang membahayakan tetapi lebih pada knowledge of sense of awareness-nya yang perlu kita latih disini.
Dasar-dasar taekwondo merupakan kombinasi berbagai teknik gerakan meyerang dan bertahan yang menggunakan tubuh kita sendiri untuk menghadapi lawan. Teknik menendang, lompatan, pukulan, kuda-kuda yang diajarkan untuk anak-anak balita difokuskan bukan pada kekuatan, tetapi lebih kepada sikap dan posisi tubuh, apakah sudah benar atau tidak.
Pengajaran yang pertama untuk taekwondo usia TK adalah teknik kebugaran, dengan latihan-latihan yang membantu mengembangkan psikomotorik dan menunjang kesehatan. Seperti latihan variasi gerakan tendangan (Changi) yaitu; tendangan kedepan, tendangan menyamping, tendangan belakang, tendangan sambil melompat dan sebagaianya. Dan latihan Tahapan selanjutnya lebih diarahkan pada penanaman disiplin, sikap moral atau nilai-nilai dan karakter atau ahlaq (thingking, kecerdasan. attitude, sikap. Behavior, kebiasaan) seperti tidak menyerang lebih dulu, berani mengakui kelemahan, bersikap kesatria.
Hal penting yang harus ditekankan pada anak-anak saat belajar taekwondo yaitu lawan tanding adalah rekan atau teman bukan lawan. Sehingga saat latihanpun sosok lawan tanding digantikan dengan boneka beruang besar, atau bantal besar untuk menghilangkan kesan musuh.
Semangat berolahraga adalah semangat aktif. Semangat yang harus ditularkan pada para peserta didik dilevel TK, sedini mungkin aktif, aktraktif, dan beprestasi seperti moto TK Al Irsyad; sholeh, sehat, cerdas dan bermanfaat untuk sesama ungkap kepala TK Al Irsyad, Nur Sabiha, S.Ag

You Might Also Like

0 komentar: