Media Pembelajaran Berbasis Alam

23.52 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments






Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik mengajak para guru untuk lebih kreatif dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran. Penggunakaan media yang tepat pastinya berpengaruh terhadap kesuksesan pembelajaran, penyampaian pembelajaran melalui media berjalan efektif.
Pemilihan media yang aplikatif beragam bentunya, tidak melulu mengggunakan dana yang besar. Para guru hanya perlu melihat lingkungan sekitar lebih luas, lebih tajam karena disekitaran lingkungan juga banyak sekali yang bisa kita manfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif.
Seperti yang dipraktekkan pada TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto masing-masing guru memiliki cara-cara yang unik untuk menyampaikan pesan pembelajaran menjadi lebih bermakna melalui pembelaran kontekstual dengan pendekatan media pembelajaran berbasis alam.
Contohnya daun. Disekitan halaman sekolah terdapat berbagai jenis daun. Hanya dengan daun saja. Anak-anak dapat menggali banyak pengetahuan; seperti pengenalan konsep warna-warna daun, bentuk daun, jenis-jenis daun, membilang (jumlah daun yang dipetik), menggambar & mewarnai bentuk daun, menulis kata (d-a-u-n), meronce dan jenis kreatifitas lain yang bisa dikembangkan hanya dengan memanfaatkan media daun.
Mengoptimalkan lingkungan alam sekitar menjadi media pembelajaran Tentunya mengajak anak-anak untuk lebih kritis dalam proses bereksplorasi, mengamati, menemukan sendiri & pengetahuan baru yang mereka dapatkan akan bertahan lebih lama dalam ingatan para peserta didik karena proses saintifik ini yang mangajak mereka untuk berperan langsung dalam proses pembelajaran yang lebih positif ungkap Nur Sabiha Kepala Sekolah TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.



You Might Also Like

0 komentar: