Kunjungan ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut

21.05 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments






Pada hari kamis tanggal 9 April 2015 pukul 08.30 sampai dengan pukul 10.30 telah dilaksanakan kegiatan out door study yaitu kunjungan ke rumah sakit gigi dan mulut Universitas Jendral Soedirman Purwokerto dengan Jumlah peserta; 25 anak.

Kegiatan ini bertujuan mengajak anak-anak menyadari pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri sejak dini, dan juga mengajarkan untuk membiasakan pola hidup sehat salah satunya dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satu bagian penting dalam anggota tubuh kita yang wajib kita jaga kesehatanya setiap hari ungkap kepala sekolah Nursabiha.

Dirumah sakit gigi dan mulut anak-anak berkumpul di aula melihat film berjudul “petualangan pak sikat dan bu odol di negri geligi” sambil mendengarkan penjelasan dari dr. Ika tentang cara menjaga kesehatan gigi dan cara menggosok gigi yang benar. Cara menjaga kesehatan gigi yang baik yaitu; 1. Tidak sering memakan makanan yang manis 2. segera berkumur setelah makan mananan 3. Menyikat gigi minimal dua kali sehari yaitu sebelum tidur dan sesudah sarapan pagi. Sedangkan cara menggosok gigi yang baik dan benar yaitu; 1. Sikat gigi diberi odol sebesar biji jangung (tidak terlalu banyak), 2. Menggunakan pasta gigi yang mengandung flour, 3. menggosok gigi dengan cara diputar dan bagian gusi lidah juga dibersihkan., 4. Menggunakan sikat gigi yang kecil dan berbulu lembut, 5. Mengganti sikat gigi maksimal tiga bulan sekali atau apabila sikat gigi sudah mekar.

Setelah penjelasan berakhir, para siswa diajak untuk pemeriksaan gigi secara langsung. Kemudian para siswa praktek langsung cara menggosok gigi secara individu dan didampingi oleh para dokter muda. Setelah kegiatan selesai, para siswa beristirahat dan berfoto bersama para dokter pendamping. Pada kegiatan ini anak-anak terlihat antusias, memiliki pengalaman belajar yang baru bahkan ada yang bercita-cita ingin manjadi dokter.
(Umi Salamah)


You Might Also Like

0 komentar: