Indahnya Masa Kecil Tanpa Gadget

00.16 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments







Jaman dulu, jaman dimana teknologi belum merambah dan menyita banyak waktu kita, anak-anak pada masa itu pun berkembang lebih banyak secara alami. Mereka berkembang secara psikologis dan emosional dengan matang. Menghabiskan waktu dengan permainan-permainan tradisional yg eksploratif yang menggerakkan tiap aspek; fisik motorik, emosinal, social, dan intelegensi. Permainan jaman dahulu yang identik dengan permainan yang dipermainkan bersama atau permainan berjamaah. Sisi inilah yang mengoptimalkan aspek perkembangan mereka; diperlukan keberanian, kepemimpinan, strategi, kerjasama dan kekompakan. Merayakan kemenangan bersama-sama, apabila kalah dalam suatu permainanpun bukan masalah karena itu bukan kekalahan sendiri tetapi semua bertanggung jawab terhadap timnya masing-masing.
Anak-anak generasi masa lampau cenderung lebih santun, menghormati kedua orang tua, tertib dan lebih mudah diajak kerjasama. Mereka memiliki semacam jam biologis yang teatur secara alami. Waktu bermain. Waktu mengaji. Waktu belajar dan Waktu istirahat. Semua keteraturan ini menjadi rutinitas harian yang rapi.
Pada massa sekarang ini anak-anak yang dipenuhi dengan berbagai pilihan gadget dengan permainan sendiri atau single paying hal sederhana ini akan mengubah banyak hal dari anak-anak kita. Secara psikologi, social, emosional. Outpunya, Apabila mendapatkan kemenangan dia akan merayakan sendiri dan apabila mendapat kekalahan dia akan bersungut-sungut tidak bisa menyalurkan emosi kemarahanya dengan baik maka akan berakibat negative, cenderung jadi anak yang penentang, mudah marah, dan anti social. Memang tidak semua gadget berpengaruh negative tetapi masa keci yang tanpa gadget itu lebih menyenangkan.
Rumah dan sekolah menjadi pilar utama ini. Dengan membawa pesan-pesan permainan masa lampau ke dalam strategi pembelajaran dikelas meskipun dengan media yang lebih modern tetapi nilai positifnya memuat didalamnya. Dan rumah juga harus menjadi lebih bersahabat kepada anak-anak kita dengan meluangkan waktu bermain bersama dan sejenak meninggalkan permainan gadget dirumah.

You Might Also Like

0 komentar: