Belajarku Lebih Luas dari Ruang Kelas

22.59 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments






Usia sekolah taman kanak-kanak adalah usia lebih banyak permainan eksploratif, akan sangat membosankan apabila anak-anak belajar hanya ruang kelas. TK Al Irsyad menyadari betul bahwa kebebasan anak-anak dalam bermain dan belajar menjadi kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. Belajar itu menyenangkan dan hal-hal yang menyenagkan harus berbau pembelajaran.
Seperti pagi ini jam 09.00 WIB para siswa TK Al Irsyad sudah ramai memenuhi halaman sekolah untuk belajar di halaman, hal ini lebih anak-anak senangi karena ruang kelas mereka berubah menjadi lebih luas. Beberapa kelompok anak-anak berkegiatan membilang dengan daun-daun, di kelompok yang lain menangkap ikan yang terbuat dari sponati, sebagian lain ada yang sedang mewarnai, belajar memerah susu, membuat jus buah-buahan dan sebagainya.
Halaman sekolah kami dibuat senyaman mungkin, lengkap dengan gazebo, berbagai jenis permainan, dan pohon-pohon rindang serta tanaman bunga yang mempercantik halaman sekolah. Setelah bosan berkegiatan belajar anak-anak bisa sesekali bermain jungkat-jungkit atau prosotan dan sambil kembali berkegiatan bersama kelompok belajar mereka.
Konsep belajar dihalaman menberikan danpak positif bagi psikologis belajar anak-anak; pertama anak-anak merasa mereka bukan sedang belajar, kedua mereka merasa senang dalam kegiatan belajar, ketiga mereka merasa bebas mengeksplorasi dan menjadi lebih ekspresif saat belajar.
Umi salamah.

You Might Also Like

0 komentar: