Small Parenting Education Komite Kelas TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto

03.07 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments









Parenting kali ini ada yang berbeda, Sabtu 15/03/2015 pada acara Small Parenting Education Komite Kelas, TK Al Irsyad mengajak kepada orang tua untuk berperan aktif mendampingi anak-anak belajar dirumah dengan membekali mereka salah satu kegiatan edukatif yang disa dilakukan oleh orang tua bersama anak-anak. Dengan memanfaatkan Koran bekas kita bisa menciptakan Multiple Fun Learning  melalui kegiatan “Membuat Bola-bola Koran” bersama anak-anak dirumah, yang pastinya kegiatan ini mengembangkan ragam kecerdasan pada anak-anak dan menyenangkan untuk dilakukan.

Meskipun sangat sederhana, tetapi kegiatan ini mengembangkan enam aspek kemampuan yaitu; pertama, penanaman nilai-nilai agama dan karekter bangsa melalui mengawali kegiatan dengan berdoa. Kedua, pengembangan motorik halus dengan membuat bola-bola Koran dengan tiga ukuran (kecil, sedang dan besar), diawali dengan menyober, meremas-remas kertas koran dan membuat gulungan menjadi tiga ukuran kecil, sedang dan besar. Ketiga, pengembangan motorik kasar dengan melakukan kegiatan games edukatif seperti melemparkan bola seperti pada permainan bowling, memindahkan bola dari satu tempat ke tempat yang lain, melemparkan atau melambungkan bola-bola Koran. Keempat, pengembangan kognitif yaitu denga kegiatan tebak jumlah Untuk mengetahui jumlah Koran yang dibuat, anak-anak diajak untuk menebak jumlahnya dan menuliskan jumlahnya kedalam kertas kecil yang sudah disediakan. Banyak sekali aspek kognitif lain yang dapat kita gali dari kegiatan ini seperti; meminta anak-anak kita untuk mengurutkan bola-bola Koran dari ukuran terkecil sampai ukuran terbesar atau bisa juga sebaliknya dari ukuran terbesar ke urutan ukuran terkecil. Keempat, kemampuan bahasa; kita bisa melatih kemampuan bahasa anak dari kegitan yang dilakukan seperti menyebutkan kalimat “Hari ini aku bisa membuat bola koran” “Horre… aku senang bisa membuat bola koran” selain bahasa, anak-anak kita juga melatih ekspresi diri anak-anak, mengungkapkan bahasa sesuai dengan ekspresi yang mereka rasakan. Keenam, kemampuan seni berkreasi; dari bola-bola Koran yang dibuat anak-anak selanjutnya bisa kita arahkan untuk kegiatan berseni dan berkreasi dengan memanfaat bola-bola Koran yang sudah dibuat seperti member warna-warna dengan cat, membuat boneka salju, membuat gantungan kunci dan sebagainya.

Senantiasa mengajak orang tua untuk kesuksesan belajar anak-anak karena kesuksesan belajar anak perlu mendapat dukungan yang baik, dari rumah semua berawal. Dengan menciptakan fun learning dirumah dapat menumbuhkan semangat belajar anak dan orang tua akan menjadi lebih peka, mengerti dan memahami kebutuhan belajar anak-anak dan mendukung mereka menjadi lebih optimal dalam belajar. Fun learning dirumah juga akan lebih mengakrabkan orangtua dan anak, sehingga ikatan hati diantara orang tua dan anak akan lebih kuat. What’s a wonderfull moment.

You Might Also Like

0 komentar: