Mengundang Tokoh Pengusaha Boneka

00.26 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments









Jumat 20/03/2015 TK B  Al Irsyad kedatangan tamu special lengkap dengan membawa bahan-bahan setengah jadi untuk praktek membuat boneka disekolah. Ibu Titik Purwaningsih pengusaha Boneka dari Karanglewas Kidul ditemani 4 orang assistenya ramah menyapa anak-anak semua ‘’Apa kabar anak sholeh?” dengan semangat para siswa menjawab sapaan tersebut.
Pagi itu anak-anak belajar bersama Ibu Titik Purwaningsih seputar pembuatan boneka, mulai dari boneka yang kecil untuk gantungan kunci, sampai boneka yang besar bentuk-bentuk hewan sampai boneka bantal bentuk kartun kesukaan anak-anak (Hello Kitty, Donal Bebek, upin-ipin dan sebagainya). setelah dikenalkan berbagai jenis bahan-bahan untuk membuat boneka seperti; 1. Macam2 kain berbulu (kain Velboa, Nylex, Yelvo) 2. Macam-macam isi dalam boneka (Dakron/sejenis kain kapas sintesis dan Silikon yang berbentuk seperti kelereng atau mirip seperti mutiara sagu) 3. Asesoris (mata, hidung, rambut, pita, dan baju boneka). Setelah diperkenalkan dengan berbagai jenis bahan pembuatan boneka selanjutnya anak-anak diajarkan tentang langkag-langkah membuat boneka seperti membuat pla pada kain, menggunting kemudian dilem atau menjahitnya, setelah terbentuk pola boneka yang masih kosong langkah selanjutnya yaitu mengisi boneka dengan dakon atau silicon. Isian ini disesuaikan dengan jenis boneka yang mau dibuat.
Setelah memperhatikan dan melihat sendiri proses pembuatan boneka, sekarang giliran para siswa untuk mencoba sendiri praktek membuat boneka gantungan kunci dari bahan-bahan setengah jadi yang sudah disedian. Dengan telaten para siswa mengerjakanya, mengisinya dengan dakron, memberi aksesoris dan menjahitnya dibantu para guru dan asisten dari ibu Titik Purwaningsih setelah jadi boneka, para siswa diperbolehkan membawa pulang boneka yang sudah dibuat diskolah tersebut. Pastinya anak-anak merasa senang dengan hadiah yang mereka usahakan sendiri.
Mengundang tokoh menjadi salah satu cirri pembelajaran di TK Al Irsyad, kegiatan ini memiliki banyak sekali manfaat belajar untuk para siswa, membantu memetakan cita-cita mereka, memberi inspirasi untuk untuk mencotoh hal-hal yang baik dapi para tokoh yang diundang, belajar langsung dari sumbernya dan menyajikan suwasana belajar yang berbeda untuk semakin bersemangat dalam belajar. Ungkap kepala sekolah Nur Sabiha

You Might Also Like

0 komentar: