Day At The Museum

02.48 TK Al Irsyad Purwokerto 0 Comments










Kamis 13/03/2015 sejumlah 135 siswa bersama 15 guru dan karyawan TK B Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengunjungi Museum BRI yang berlokasi di Jalan Bank Purwokerto. Sesuai dengan tema pembelajaran pada pekan ini yaitu “Profesi”. Para siswa telah dikenalkan dengan beragam jenis profesi pekerjaan seperti; Dokter, Perawat, Tentara, Polisi, Guru, Pilot, Pustakawan dan giliran saatnya, para siswa dikenalkan dengan Profesi Banker pada dunia perbankan.

Dengan berjalan kaki dari sekolahan yang berlokasi di jalan Raga Semangsang Purwokerto menuju Museum BRI  yang berlokasi di Jalan Bank Purwokerto. perjalanan kurang lebih menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Selama perjalanan para siswa menyanyikan lagu-lagu ceria yang menambah semangat selama perjalanan.

Kedatangan siswa di Musium disambut hangat oleh pemandu museum, anak-anak mendengarkan penjelasan dari pemandu mengenai sejarah berdirinya BRI sebagai Bank pertama Indonesia yang didirikan Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto" lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. selain sejarah, para siswa juga mengenal mata uang (Thailand, Saudi Arabia, Amerika, Jepang, Malaysia dan negara lainnya), bendera-bendera, naskah-naskah berhaga, foto-foto para direktur dan yang paling penting bagi para siswa yaitu bisa mengenal perkembangan mata uang Indonesia, Rupiah dari masa-ke masa. Ustadzah.. kok itu ada koin satu rupiah??? Begitu kesan anak-anak, penasaran dengan apa yang mereka lihat. Anak-anak juga jadi tau mengenai perubahan nama dan perubahan logo BRI, gambaran tradisi dan seni masyarak Banyumas dari masa lampau yang dalam bentuk replika dan diorama yang terpajang dimusium, anak-anak juga berkesempatan melihat-lihat koleksi perpustakaan museum BRI sebagai bagian dari program cinta buku cinta membaca.

Outdoor study ke museum BRI bertujuan untuk menyajikan pengalaman yang baru untuk mendapatkan pengetahuan daru dalam dunia belajar anak-anak. Dari museum anak-anak tidak hanya belajar sejarah, lebih jauhnya anak-anak belajar tentang memahami uang bukan hanya sebagai nilai tukar untuk membeli atau mendapatkan sesuwatu tetapi juga sebagai sarana bernilai ibadah digunakan dengan baik, tidak boros, senang bersedekah dan berbagi digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat ungkap Nur Sabiha Kepala TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Menyambung

You Might Also Like

0 komentar: