MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL POWERPOINT
MENGENAL
BILANGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL POWERPOINT
OLEH NURSABIHA
GURU TK AL IRSYAD PURWOKERTO
- PENDAHULUAN
Taman kanak-kanak adalah salah satu
bentuk pendidikan di jalur formal yang menyediakan program pendidikan dini anak
usia 4 sampai 6 tahun sebelum memasuki pendidikan dasar, bertujuan membantu
anak didik mengembangkan potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan
nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik,
kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan selanjutnya.
Berbagai upaya dilakukan untuk
mengenalkan konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf melalui gambar yang
ditampilkan melalui media audio visual power point agar siswa tertarik karena
media ini dapat mengeluarkan efek suara, gambar, kata dan angka. Tema pembelajaran pada semester II
yaitu tema rekreasi dengan sub tema macam-macam kendaraan yaitu: kendaraan
darat, laut dan udara dikenalkan melalui media audio visual power point dan
macro media flash yang sekaligus mengenalkan konsep bilangan, lambang bilangan
dan huruf karena media ini dapat didengar dan dilihat serta anak berani unjuk
kemampuan di depan teman-temannya.
Pengertian
Media audio visual power point menurut pendapat AECT
(Association For Education Communication Technology) dalam Arsyad
mendefinisikan bahwa “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk
menyalurkan pesan informasi” (Arsyad,2002:11).Alat pendukung yang digunakan dalam
presentasi adalah lcd, karena lcd merupakan kelompok media visual yang dapat
menjadi audio visual jika didukung dengan adanya pengeras suara atau sound
system. Peneliti dalam penyajian slide
show menggunakan program computer MS Power Point sehingga hasil yang
didapat nyata dan langsung serta terintegrasi dengan suara yang muncul dengan
kata lain sering disebut dengan multimedia.
Menurut Anakciremai (2008) langkah-langkah
dalam pemanfaatan media adalah:1. Merumuskan tujuan pengajaran dengan
memanfaatkan media.2. Persiapan guru, pada fase ini guru memilih dan
memanfaatkan media masa yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan.3.
persiapan kelas. Siswa atau kelas harus mempunyai persiapan dalam menerima
pelajaran dengan menggunakan media tertentu.4.Langkah penyajian dan pemanfaatan
media.Pada fase ini penyajian bahan pelajaran dengan memanfaatkan media
pengajaran.5.Langkah kegiatan belajar siswa.Pada fase ini siswa belajar dengan
memanfaatkan media pengajaran. 6. Langkah evaluasi pengajaran. Pada langkah ini
kegiatan belajar di evaluasi sampai sejauh mana tujuan pengajaran tercapai,
yang sekaligus dapat dinilai sejauh mana pengaruh media sebagai alat bantu
dapat menunjang keberhasilan proses belajar siswa.
- MANFAAT MEDIA MEMBILANG
Tujuan yang ingin dicapai dari konsep
membilang adalah agar anak mengetahui
dasar-dasar pembelajaran membilang, anak diharapkan mampu mengenal dan memahami
konsep bilangan, transisi dan lambang sesuai dengan jumlah benda-benda
pengenalan bentuk lambang dan dapat mencocokkan sesuai dengan lambang bilangan.
Media audio visual membilang memiliki banyak
manfaat seperti : Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, Proses
pembelajaran lebih menarik dan interaktif karena mengenalkan konsep bilangan
melalui gambar-gambar yang beraneka ragam seperti mengenalkan kendaraan darat,
laut dan udara yang tidak dapat dilihat langsung oleh anak didik, Kualitas
belajar siswa dapat diukur dan lebih
ditingkatkan melalui evaluasi. Media ini juga dapat digunakan secara individu
maupun kelompok.
- CARA PEMBUATAN MEDIA MEMBILANG AUDIO VISUAL
- Langkah-langkah pembuatan media membilang
Tentukan
indikator pembelajaran untuk usia kelompok A atau kelompok B sesuai kurikulum
paud, Lingkup perkembangan/ Indikator
dari aspek perkembangan kognitif yang
meliputi konsep bilangan, lambang bilangan dan Huruf. Adapun kemampuan yang
akan dicapai dari indikator aspek
perkembangan kognitif adalah:
- Anak dapat membilang dari 1-10
- Anak dapat membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 10
- Anak dapat menunjukkkan urutan benda untuk bilangan 1-10
- Anak dapat menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10
b.
Langkah berikutnya:
- Siapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan tema yang akan disampaikan
- Rekam kata atau bilangan yang akan disajikan
- Cara membuat media membilang
1. Buka
program micrrosoft power point
2. slide pertama tulis judul
materi yang akan disampaikan dan nama pembuat materi masukkan lagu 1-2 melalui
klik insert pilih tulisan sound klik sound from file klik lagu yang ditentukan,
klik open muncul pilih menu automotically
3. Untuk menuju slide
berikutnya langsung enter atau pilih newslide dari konten home. Demikian
seterusnya.
4. Selanjutnya pilih gambar
yang akan dimasukkan pada slide 2 melalui insert picture from file
5.pada slide selanjutnya masukkan macam-macam
kendaraan darat setiap slide dengan diberi nama kendaraannya
6. agar slide tidak hanya
berwarna putih klik shape file pilih warna yang disukai anak-anak
7. materi ini untuk
pembelajaran kelompok dengan hasil sebagai berikut :
8. Slide berikutnya anak
belajar secara individu memainkan media dengan pendampingan guru untuk
mengenalkan konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf sekaligus bagaimana
menulis angka yang benar melalui media flash. Pembuatan media menggunakan menu
hyperlink caranya: klik hyperlink kemudian pilih place in this dokumen
selanjutnya klik ok dan untuk animasi suara pilih action klik sound masukkan suara yang
diinginkan melalui other sound, klik ok demikian pula untuk angka 2 dan
seterusnya untuk animasi tulisan klik kustom animasi pilih menu yang
diinginkan.
9. Slide
selanjutnya hanya mengkopy angka yang sudah dihiperlink. Hasil dari media dapat
dilihat berikut ini:
10. Selanjutnya evaluasi dengan memilih jumlah yang sesuai dengan jumlah bendanya
11. Selesai sudah pembuatan media untuk tema kendaraan darat selanjutnya materi kendaraan laut dan udara
- PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBILANG MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Mari
kita baca dengan seksama cara menyampaikan materi sebagai berikut:
(1) Guru menata media yang akan digunakan
seperti: Leptop, LCD,
Warles, Layar Screen.
(2). Guru mengatur organisasi
kelas ( layout /posisi tempat duduk)
(3). Media power point
di buka. Anak bersama guru menyanyikan
lagu 1,2 sambil
bertepuk tangan.
Selanjutnya guru mengajak anak untuk memilih
gambar kendaraan yang akan disaksikan anak dengan tiga pilihan yaitu: kendaraan
darat, kendaraan laut dan kendaraan udara
(4). Guru dibantu oleh operator untuk menklik
slide 3 sampai slide
17 dengan mengenalkan macam-macam kendaraan
darat
sebagai materi pembuka dengan tema
kendaraan.
(5). Pada slide 18 – 24 anak mulai
mengurutkan angka dan
menghitung benda bersama dengan guru dan
memberI
kesempatan kepada anak untuk memilih angka yang diinginkan.
(6).
Tahap selanjutnya adalah guru mengadakan tanya jawab dan
evaluasi pada slide 25-33 dengan memberi
kesempatan kepada
anak untuk maju menunjuk angka yang paling
tepat sesuai
dengan jumlah bendanya.Jika anak menjawab
dengan tepat
akan mendapat kata pujian : hebat luar biasa, jika anak salah
menjawab akan mendengar kata-kata coba lagi.
(7).Selanjutnya
guru menyampaikan materi dengan tema
kendaraan laut dari slide 34-56
(8),
materi berikutnya adalah membilang 1-10 dengan tema kendaraan laut dari slide
57-64
- URL File : Di Sini atau link berikut : https://drive.google.com/uc?export=download&confirm=S2Zz&id=0B7BcyxQ1-Wo2TC1WUFhzZldXc2s
- Software : .Power point.......................
0 komentar: