MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL POWERPOINT

02.48 NScP|Yahya 0 Comments









MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL POWERPOINT
OLEH NURSABIHA 
GURU TK AL IRSYAD PURWOKERTO
  1. PENDAHULUAN
Taman kanak-kanak adalah salah satu bentuk pendidikan di jalur formal yang menyediakan program pendidikan dini anak usia 4 sampai 6 tahun sebelum memasuki pendidikan dasar, bertujuan membantu anak didik mengembangkan potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan selanjutnya.
Berbagai upaya dilakukan untuk mengenalkan konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf melalui gambar yang ditampilkan melalui media audio visual power point agar siswa tertarik karena media ini dapat mengeluarkan efek suara, gambar, kata dan  angka. Tema pembelajaran pada semester II yaitu tema rekreasi dengan sub tema macam-macam kendaraan yaitu: kendaraan darat, laut dan udara dikenalkan melalui media audio visual power point dan macro media flash yang sekaligus mengenalkan konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf karena media ini dapat didengar dan dilihat serta anak berani unjuk kemampuan di depan teman-temannya.
Pengertian Media audio visual power point menurut pendapat AECT (Association For Education Communication Technology) dalam Arsyad mendefinisikan bahwa “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk menyalurkan pesan informasi” (Arsyad,2002:11).Alat pendukung yang digunakan dalam presentasi adalah lcd, karena lcd merupakan kelompok media visual yang dapat menjadi audio visual jika didukung dengan adanya pengeras suara atau sound system. Peneliti dalam  penyajian slide show menggunakan program computer MS Power Point sehingga hasil yang didapat nyata dan langsung serta terintegrasi dengan suara yang muncul dengan kata lain sering disebut dengan multimedia.
Menurut Anakciremai (2008) langkah-langkah dalam pemanfaatan media adalah:1. Merumuskan tujuan pengajaran dengan memanfaatkan media.2. Persiapan guru, pada fase ini guru memilih dan memanfaatkan media masa yang akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan.3. persiapan kelas. Siswa atau kelas harus mempunyai persiapan dalam menerima pelajaran dengan menggunakan media tertentu.4.Langkah penyajian dan pemanfaatan media.Pada fase ini penyajian bahan pelajaran dengan memanfaatkan media pengajaran.5.Langkah kegiatan belajar siswa.Pada fase ini siswa belajar dengan memanfaatkan media pengajaran. 6. Langkah evaluasi pengajaran. Pada langkah ini kegiatan belajar di evaluasi sampai sejauh mana tujuan pengajaran tercapai, yang sekaligus dapat dinilai sejauh mana pengaruh media sebagai alat bantu dapat menunjang keberhasilan proses belajar siswa.
  1. MANFAAT MEDIA MEMBILANG
Tujuan yang ingin dicapai dari konsep membilang adalah  agar anak mengetahui dasar-dasar pembelajaran membilang, anak diharapkan mampu mengenal dan memahami konsep bilangan, transisi dan lambang sesuai dengan jumlah benda-benda pengenalan bentuk lambang dan dapat mencocokkan sesuai dengan lambang bilangan.
Media audio visual membilang memiliki banyak manfaat seperti : Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, Proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif karena mengenalkan konsep bilangan melalui gambar-gambar yang beraneka ragam seperti mengenalkan kendaraan darat, laut dan udara yang tidak dapat dilihat langsung oleh anak didik, Kualitas belajar siswa dapat diukur dan  lebih ditingkatkan melalui evaluasi. Media ini juga dapat digunakan secara individu maupun kelompok.
  1. CARA PEMBUATAN MEDIA MEMBILANG AUDIO VISUAL
  1. Langkah-langkah pembuatan media membilang
      Tentukan indikator pembelajaran untuk usia kelompok A atau kelompok B sesuai kurikulum paud, Lingkup perkembangan/ Indikator dari aspek  perkembangan kognitif yang meliputi konsep bilangan, lambang bilangan dan Huruf. Adapun kemampuan yang akan dicapai dari indikator  aspek perkembangan kognitif adalah:
  1.  Anak dapat  membilang dari 1-10  
  2. Anak dapat membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan  dengan benda-benda sampai 10   
  3. Anak dapat menunjukkkan urutan benda untuk bilangan 1-10  
  4. Anak dapat menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10




b.    Langkah berikutnya:

  1. Siapkan gambar-gambar yang berhubungan dengan tema yang akan disampaikan
  2. Rekam kata atau bilangan yang akan disajikan
  1. Cara  membuat media membilang
1.    Buka program micrrosoft power point
2.    slide pertama tulis judul materi yang akan disampaikan dan nama pembuat materi masukkan lagu 1-2 melalui klik insert pilih tulisan sound klik sound from file klik lagu yang ditentukan, klik open muncul pilih menu automotically





3.    Untuk menuju slide berikutnya langsung enter atau pilih newslide dari konten home. Demikian seterusnya.




4.   Selanjutnya pilih gambar yang akan dimasukkan pada slide 2 melalui insert picture from file



5.pada slide selanjutnya masukkan macam-macam kendaraan darat setiap slide dengan diberi nama kendaraannya






6.    agar slide tidak hanya berwarna putih klik shape file pilih warna yang disukai anak-anak



7.    materi ini untuk pembelajaran kelompok dengan hasil sebagai berikut :



8. Slide berikutnya anak belajar secara individu memainkan media dengan pendampingan guru untuk mengenalkan konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf sekaligus bagaimana menulis angka yang benar melalui media flash. Pembuatan media menggunakan menu hyperlink caranya: klik hyperlink kemudian pilih place in this dokumen selanjutnya klik ok dan untuk animasi suara  pilih action klik sound masukkan suara yang diinginkan melalui other sound, klik ok demikian pula untuk angka 2 dan seterusnya untuk animasi tulisan klik kustom animasi pilih menu yang diinginkan.
9.    Slide selanjutnya hanya mengkopy angka yang sudah dihiperlink. Hasil dari media dapat dilihat berikut ini: 









10. Selanjutnya evaluasi dengan memilih jumlah yang sesuai dengan jumlah bendanya

11. Selesai sudah pembuatan media untuk tema kendaraan darat selanjutnya materi kendaraan laut dan udara
  1. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBILANG MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL
Mari kita baca dengan seksama cara menyampaikan materi sebagai berikut:
 (1) Guru menata media yang akan digunakan seperti: Leptop, LCD,
        Warles, Layar Screen.
(2). Guru mengatur organisasi kelas ( layout /posisi tempat duduk)
(3). Media power point di buka. Anak bersama guru menyanyikan
         lagu 1,2  sambil     bertepuk tangan.
Selanjutnya guru mengajak anak untuk memilih gambar kendaraan yang akan disaksikan anak dengan tiga pilihan yaitu: kendaraan darat, kendaraan laut dan kendaraan udara
(4). Guru dibantu oleh operator untuk menklik slide 3 sampai slide
       17 dengan mengenalkan macam-macam kendaraan darat
       sebagai materi pembuka dengan tema kendaraan.
(5). Pada slide 18 – 24 anak mulai mengurutkan angka dan
       menghitung benda bersama dengan guru dan memberI
      kesempatan kepada anak untuk memilih angka yang diinginkan.
(6).  Tahap selanjutnya adalah guru mengadakan tanya jawab dan
        evaluasi pada slide 25-33 dengan memberi kesempatan kepada
        anak untuk maju menunjuk angka yang paling tepat sesuai
      dengan jumlah bendanya.Jika anak menjawab dengan tepat
       akan mendapat kata pujian : hebat luar biasa, jika anak salah
       menjawab akan mendengar kata-kata coba lagi.
(7).Selanjutnya guru menyampaikan materi dengan  tema kendaraan laut dari slide 34-56
(8), materi berikutnya adalah membilang 1-10 dengan tema kendaraan laut dari slide 57-64



  • URL File        : Di Sini  atau link berikut  : https://drive.google.com/uc?export=download&confirm=S2Zz&id=0B7BcyxQ1-Wo2TC1WUFhzZldXc2s
  • Software        : .Power point.......................

You Might Also Like

0 komentar: